;

sekarang pukul

Rabu, 17 Oktober 2012

MEMBUAT SI ROBOT HIJAU ANDROID MENGGUNAKAN BLENDER

Rabu, 17 Oktober 2012

Kali ini saya mencobe me review tutorial tentang blender, dalam asumsi kali ini diharapin sih temen-temen ngak buta-buta banget tentang blender.

Haha, blender yang sekarang dibahas bukan buat motong-motong makanan, tapi blender disini adalah sebuah software pendukung untuk membuat objek 3D, untuk keterangan lebih lengkap langsung aja visit ke situs resminya DISINI. Oke pada postingan kali ini, saya akan memberikan tutorial sederhana pembuatan objek 3D membuat karakter yang ngak asing lagi, yaitu maskot nya Sistem Operasi Android, si Hijau itu loh, bahan baku yang dibutuhin ya sebuah leptop, mouse dengan 3 tombol, dan usahain punya num-pad supaya gampang, Software yang dipake tentu aja BLENDER dan kali ini yang saya gunakan adalah versi 2.6 (soalnya menurut saya lebih mudah dibanding versi sebelumnya). So Check this out :D
PERSIAPAN + PEMBUATAN BADAN
  • Buka aplikasi blender 2.6
  • Hapus “cube” yang secara default ada ketika membuka lembar kerja
  • Kemudian siapkan sebuah bola “Sphere” seperti contoh berikut
    Sphere Untuk di Modifikasi
  • Setelah itu perbesar dengan scroll lock agar lebih mudah melihatnya
  • Gunakan “tab” untuk masuk ke dalam “edit-mode” seperti gambar dibawah ini
    Sphere Pada Edit-Mode
  • Kemudian ambil titik tengah kemudian sorot dan blog, gunakan Shift + alt + mouse click untuk memblok separuh bagian sphere kebawah seperti gambar berikut
    Sphere di Blog (CTRL+ALT+Mouse Click)
  • Jika sudah, hapus dengan menggunakan tombol “x” atau dengan menggunakan tombol “del” pada keyboar, pilih hapus secara Vertices, maka didapati hasil nya sebagai berikut
    Sphere Menjadi Separuh
  • Kemudian kita akan memanjangan bagian yang terbelah tadi, kita akan menggunakan fungsi “ex-rude”, gunakan tombol “E” kemudian sorot sesuai bidang z kebawah sebanyak dua kali, maka hasilnya akan didapat pemanjangan sisi sebanyak dua bidang seperti gambar dibawah ini
    Exrude Sebanyak Dua Kali
PEMBUATAN TANGAN, TANDUK, MATA DAN KAKI
  • Buat sebuah sphere kecil, kemudian lakukan proses serupa dengan pembuatan badan pada tahap sebelumnya, proses nya sama hanya yang berbeda adalah tidak digunakan penghapusan, dan hanya melakukan exrude sebanyak bentuk yang diinginkan seperti gambar dibawah ini
    Sebuah Sphere Kecil
    Hasil
  • Jika sudah, kita akan buat tangan sebelahnya dan kaki, tidak perlu membuat objek sphere lagi, cukup gunakan fasilitas “duplicate” dengan menggunakan tombol “SHIFT+D”, kemudian pindahkan ke bagian kiri lengan, kaki kanan dan kaki kiri, maka didapati hasil sebagai berikut
  • Tangan dan Kaki
  • Sekarang buat bagian tanduk, cukup duplikat objek tangan tadi, kemudian scale menjadi ukuran yang lebih kecil dan panjang, gunakan tombol “s”, kemudian lakukan rotasi sebanyak 20 dan -20 untuk tandung yang dibuat, gunakan tombol “r” (rotate)
    Tanduk Si Hijau
  • Sekarang buat dua buah mata, lagi-lagi gunakan objek Sphere, lakukan scale dan letakan di bagian kepala
    Mata Si Hijau
PEWARNAAN
  • Untuk mewarnai objek pada blender, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, kali ini saya akan mewarnainya dengan menggunakan fungsi “Material”, langkahnya adalah sebagai berikut, pertama pilih objek yang akan diwarnai
  • Kemudian pilih bagian material, Pilih tombol “+” pada layar, kemudian di bagian Deffuse, ganti warna dari objek tersebut, agar lebih mudah, perhatikan gambar berikut
    Pewarnaan Dengan Material
  • Lakukan hal yang sama pada bagian tangan, kaki, tanduk dan mata dengan warna yang sesuai, jika sudah maka hasilnya akan seperti berikut
    Pewarnaan Selesai
SMOOTING DAN RENDERING
  • Agar objek terlihat lebih indah dan realistis, gunakan fasilitas smooth pada opsi shading, pilih “Smooth” di opsi Shading pada panel Object Tools, jika sudah maka hasilnya akan seperti berikut
    Objek Jadi I
    Objek Jadi II
  • Dan terakhir adalah tahap yang ditunggu-tunggu, yaitu tahap rendering, untuk komputer yang memiliki RAM dan prosesor yang kecil, harap bersabar, proses ini akan memakan waktu, tapi untuk kali ini proses rendering akan berjalan dengan cepat karena tidak banyak objek yang sulit untuk di render.


TULISAN BERJALAN INI SILAHKAN DIISI DENGAN PESAN ANDA

NAMA ANDA - 13.27
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Posting Komentar

Photobucket